Pemrograman Berorientasi Objek & Interaksi User dalam JavaScript - Praktikum 16

Hallo, Brother and Sister,
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial(sekaligus tugas sekolah) yang masih berlabel Teknologi. Postingan ini merupakan lanjutan tutorial dari postingan sebelumnya yaitu mengenai JavaScript. Nah, untuk sekarang kita bakal bahas Pemrograman Berorientasi Objek & Interaksi User dalam JavaScript. Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) adalah sebuah paradigma dalam pemrograman yang mengelompokkan fungsi, prosedur, variabel ataupun konstanta terkait dalam satu kesatuan (kelas) seperti obyek dalam dunia nyata. Saat ini ada banyak bahasa pemrograman yang telah mendukung pemrograman berorientasi obyek ini, seperti C++, C#, Java, Javascript, PHP, Python, Ruby, dan Objective C. Javascript menggunakan OOP dengan model pemrograman berbasis prototipe. Model ini tidak mengenal kelas, yang ada adalah obyek. Obyek dalam model ini dapat dimodifikasi secara runtime seperti penambahan variabel (properti) ataupun metode (fungsi/prosedur). Model ini juga dikenal dengan istilah pemrograman OOP tanpa kelas, berorientasi prototipe atau berbasis instan. Objek itu sendiri dibagi dua ada yang Utama(bawaan) ada juga Buatan. Contoh Objek Bawaan dalam JavaScript Math, Array, dll. Interaksi User dalam JavaScript menggunakan Event yang mempunyai banyak attribute salah satunya onclick, onmousedown. Untuk lebih jelasnyaLangsung saja berikut Codingan dan contohnya :

Interface TextBox to Alert


Nah, ini merupakan contoh Codingan tentang Interaksi User dimana jika user mengisi textbox yang telah diisi lalu menekan enter maka inputan tersebut akan ditampilkan menggunakan Alert. Disini juga kita menggunakan attribut onchange dan membuat function sayHalo(). Untuk mengakses inputannya kita menggunakan id (document.getElementById).

Fungsi OOP 1


Nah, ini merupakan contoh Codingan yang mengandung OOP yaitu dengan membuat function yang berguna untuk mengambil inputan user yang berisikan angka/nilai yang kemudian akan di alert. Sama seperti codingan sebelumnya untuk pengaksesan data.

Fungsi PBO 2


Nah, Codingan ini merupakan contoh ke-2 penerapan OOP, dalam Codingan ini yaitu tentang penghitungan Luas dan Keliling dari suatu persegi. Sama juga yaitu membuat functionnya terlebih dahulu.

Interface TextBox & Button to Alert


Nah, sebenarnya ini sama saja dengan codingan yang pertama hanya saja disini kita menggunakan attribute onclick yaitu ketika button diklik maka akan muncul alert yang sudah ditentukan.

Interface TextBox & Button to Alert 2


Nah, sebenarnya ini sama saja dengan codingan yang sebelumnya hanya saja disini kita menggunakan nama untuk mengakses inputan user yaitu dengan document.getElementsByName.

Interface TextBox & Button to Alert (Array)


Nah, dicodingan ini kita menggunakan array yang sama juga yaitu untuk menampilkan nilai - nilai yang diinput oleh user dengan menggunakan function dan pengaksesan data yang tentunya nilai yang diinput oleh user jumlahnya lebih dari 1 karena ini Array.

Interface getElementsByTagName


Nah, sebenarnya ini sama saja dengan codingan yang sebelumnya hanya saja disini kita menggunakan tag nama untuk mengakses inputan user yaitu dengan
document.getElementsByTagName. Dicodingan ini juga inputan nilai dari user dan ditampilkan di textbox yang lain bukan di alert.
Semua codingan diatas saya menggunakan 1 file css yaitu :


Oke segitu saja postingan dari saya untuk kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan, semoga bermanfaat untuk anda. Apabila ada komentar / masukan bisa diisi di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan berikutnya dan jika menurut anda Postingan ini bermanfaat bisa diShare ke teman - teman anda.
😃Selamat Bercoding

Related Posts

Pemrograman Berorientasi Objek & Interaksi User dalam JavaScript - Praktikum 16
4/ 5
Oleh