Review Desain Web E- Commerce Lazada - Praktikum 18

Hallo, Brother and Sister,
Pada kesempatan kali saya akan membahas hasil Analisis yang saya lakukan tentang salah satu website E-Commerce yaitu Lazada. Nah, sebelum lanjut ke pembahasaan, Kamu tau gak sih apa itu E-Commerce ?? ya, E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemesaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisiwww, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Secara singkatnya, website E-Commerce merupakan sebuah website yang digunakan sebagai tempat penjualan dan pembelian barang, dll. Nah, website E-Commerce yang akan saya analisis yaitu Lazada. Berikut merupakan pembahasannya.


  • Site Map
             Site Map adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan petasitus di dalam website. Nah untuk Site Map Lazada ini saya sudah menggambarkannya, berikut gambaran Site Map yang saya buat :

  • Fungsi Fitur dalam Menu
    • Home (Halaman Utama)
      • Kategori : Pengelompokan barang yang dijual di website ini.
      • Paling Populer : Barang yang sedang populer(barang yang banyak dibeli).
      • Flash Sale : Event dimana ada beberapa barang yang harganya mengalami diskon namun hanya untuk beberapa saat waktu saja.
      • LazMall
      • Global Collection
      • Hanya Untukmu : Penawaran khusus yang didapatkan oleh seorang user
      • Pulsa & eStore : Penjualan Pulsa
      • Voucher Belanja
      • Contact : Berupa Sosial Media milik Lazada.
    • Costumer Care : Bantuan untuk user/pelanggan.
      • Live Chat : Pelanggan dapat chat langsung dengan CS dari Lazada.
    • Lacak Pesan : Untuk melacak pesanan milik kita.
    • Akun : Berupa informasi pelanggan, dan terdapat beberapa fitur yang menyangkut dengan akun pelanggan.
              Menurut Saya, saat ini fitur dari pihak Lazada sudah sangat lengkap dan sangat User Friendly/ Mudah dipahami oleh User.
  • Penggunaan
    • Sistem Jual Beli/ Pemesanan
1. Pembeli diharuskan untuk menggunakan internet untuk mengakses ke web lazada.co.id

2. Lalu pembeli memilih/mengklik produk yang diinginkan sesuai dengan daftar produk yang telah disediakan oleh lazada.co.id beserta dengan harganya dan potongan pembelian.

3. Lalu pembeli akan disuguhkan dengan informasi-informasi tentang produk yang dipilih tersebut yaitu tentang spesifikasi produk/konten produk dan ulasan produk yang berisi tentang komentar dan penilaian pemakai lainnya.

4. Selain itu juga disediakan informasi tentang jangka waktu pengiriman yang berbeda di setiap provinsinya dan ketersediaan stok produk tersebut.

5. Jika dipastikan stok produk tersedia dan sesuai dengan keinginan pembeli maka pembeli cukup mengklik tombol “Beli Sekarang” lalu klik. Jika produk tidak sesuai dengan keinginannya maka dapat mengklik tombol “tutup dan lanjutkan belanja”.

6. Langkah selanjutnya adalah pembeli diharuskan mengisi formulir pembelian. Pembeli tetap memilih pilihan “pembeli tetap” dengan mengisi data email dan kata sandi yang sudah terdaftar dan pembeli yang masih baru dan belum pernah melakukan transaksi di lazada harus menginputkan alamat email pembeli untuk konfirmasi tentang pembelian.

7. Setelah akun email selesai dimasukan/didaftarkan maka langkah selanjutnya yaitu akan secara otomatis masuk ke halaman Informasi Pengiriman, di mana pembeli diminta untuk mengisi alamat pengiriman yang diinginkan, nomor handphone, provinsi, kota, kecamatan. Bagi alamat yang dikenakan ongkos kirim, maka di samping kolom kecamatan akan muncul informasi “Dikenakan ongkos kirim”, sekaligus tertera biaya “Ongkos Kirim”. Untuk melanjutkan prosesnya, pembeli mengklik tombol "Lanjutkan".

8. Selanjutnya pembeli memilih metode yang pembayaran yang diinginkan. Ada 3 metode yang disediakan lazada.co.id yaitu bayar di tempat, kartu kredit, dan bank transfer. Metode pembayaran “Bayar di tempat” mengharuskan pembeli berada di wilayah yang sudah tercover oleh lazada.co.id. Metode pembayaran “kartu kredit” mengharuskan pembeli untuk mengisi informasi tentang kartu kredit yang diperlukan. Metode pengiriman “bank transfer” mengharuskan pembeli untuk mentransfer harga produk ke bank yang disediakan oleh penjual. Membeli dengan metode bank transfer mengharuskan pembeli untuk mengkomfirmasikan pengiriman uang dengan menu di home lazada "konfirmasi pembayaran".

9. Setelah dipilih metode pembayaran dan mengisi data yang diperlukan maka lazada.co.id akan memberikan kode pemesanan/ nomor order dan jumlah yang harus dibayarkan. 
    • Kelebihan dan Kekurangan Lazada
Kelebihan Belanja Online Di Lazada :
1. Beraneka Ragam Produk Tersedia
2. Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
3. Website yang user friendly
4. Bebas Ongkos Kirim
5. Bisa COD (Cash On Delivery)
6. Pengiriman Barang Cepat
7. Jaminam pengembalian barang.

Kekurangan lazada.co.id
1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
3. ongkos kirim mahal
4. Produk yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli. 
5. Proses pengembalian barang yang ribet. 
    • UI (User Interface) :
Menurut saya tampilan website Lazada ini cukup simple, dan terlebih lagi sudah dikelompok - kelompokkan kontennya yang membuat user mudah untuk mengoperasikan website ini. Dan dari segi desain Lazada ini cukup minimalis karena background dominan putih. Namun ada yang sedikit mengganggu yaitu terdapat iklan pop-up.
  • Saran
Saran untuk Lazada yaitu sebaiknya iklan pop-up dihilangkan agar tidak menggangu User, dan secepatnya untuk memperbarui/memperbaiki bug yang masih terdapat dalam website Lazada, juga untuk menambahkan fitur - fitur baru, dan desain keren untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Oke segitu saja postingan dari saya untuk kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan, semoga bermanfaat untuk anda. Apabila ada komentar / masukan bisa diisi di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan berikutnya dan jika menurut anda Postingan ini bermanfaat bisa diShare ke teman - teman anda.

Related Posts

Review Desain Web E- Commerce Lazada - Praktikum 18
4/ 5
Oleh